PENGERTIAN PERTUMBUHAN

Pertumbuhan adalah pertambahan ukuran, baik panjang maupun berat. Pertumbuhan dipengaruhi faktor genetic, hormon dan lingkungan. Meskipun secara umum, faktor lingkungan yang memegang peranan sangat penting adalah zat hara dan suhu lingkungan. Akan tetapi, di daerah tropis zat hara lebih penting dibandingkan lingkungan. Tidak semua makanan yang dimakan oleh ikan digunakan untuk pertumbuhan. Sebagian besar energi dari makanan digunakan untuk aktivitas, pertumbuhan dan reproduksi (Fujaya, 2004).

Menurut Affandi (2002), pertumbuhan adalah proses perubahan jumlah individu/biomas pada periode waktu tertentu. Pertumbuhan ikan dipengaruhi oleh factor luar dan factor dalam. Faktor luar sulit dikontrol yang meliputi keturunan, sex, umur, parasit, dan penyakit. Faktor luar utama yang mempengaruhi pertumbuhan adalah makanan dan suhu perairan (Effendi 2002).

Menurut Kartono pertumbuhan adalah perubahan secara fisiologi sebagai hasil dari pematangan fungsi - fungsi fisik yang berlangsung secara normal pada diri anak yang sehat dalam kurun waktu tertentu yang dipengaruhi oleh lingkungan dan keturunan secara kontinyu. Sedangkan perkembangan yaitu proses transmisi dari psikis dan fisis yang hereditas, distimukasikan oleh factor - factor lingkungan yang menguntungkan dalam perwujudan aktif menjadi kontinyu.

Namun Menurut Moh Kasiram Pertumbuhan adalah adanya perubahan dalam bentuk ukuran dan fungsi - fungsi mental sedangkan perkembangan mengandung arti adanya pemunculan sifat yang baru.

NAMA : MUHAMMAD BAYU ANGGORO

NPM : 14111786

KELAS: 1KA37

SUMBER : http://www.google.com/

0 Response to "PENGERTIAN PERTUMBUHAN"

Posting Komentar